Bahan ajar : keperawatan medikal bedah dewasa
Buku ini memberi pengenalan tentang pemikiran kritis & kreatif dalam ilmu keperawatan terkhusus pengembangan buku bahan ajar keperawatan medikal bedah. Keperawatan adalah suatu profesi yang berorientasi pada pelayanan kesehatan dengan segala perencanaan atau tindakan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat (Hidayat, 2007). Keperawatan adalah pelayanan langsung, beriorientasi pada tujuan, dan membantu individu, keluarga, masyarakat yang sakit atau sehat, dengan penampilan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan atau penyembuhan (Effendy, 1998)
Proses keperawatan adalah aktivitas yang mempunyai maksud yaitu praktik keperawatan yang dilakukan dengan cara yang sistematik. Selama melaksanakan proses keperawatan, perawat menggunakan dasar pengetahuan yang komprehensif untuk mengkaji status kesehatan klien, membuat penilaian yang bijaksana dan mendiagnosa, mengidentifikasi hasil akhir kesehatan klien dan merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi tindakan keperawatan yang tepat guna mencapai hasil akhir tersebut (Dermawan, 2012). Sedangkan Pendekatan yang diterapkan dalam melaksanakan panduan belajar ini adalah pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan berbagai macam metode, dimana dituntut secara aktif untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan. Bahan Ajar Keperawatan Medikal Bedah Untuk Dewasa inilah yang akan memandu dalam mencapai kompetensi tersebut. Dosen yang semula sebagai sumber utama, dalam pendekatan SCL hanya sebagai fasilitator saja. Dalam mempelajari konsep dasar keperawatan ini mahasiswa tidak hanya mencapai kompetensi yang bersifat hard skill tetapi juga soft skill. Kompetensi utama hard skill yang ingin dicapai meliputi kemampuan menyusun asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian keperawatan sampai dengan evaluasi keperawatan. Kami berharap panduan belajar ini dapat mengantarkan mencapai kompetensi yang berkaitan dengan keperawatan medikal bedah. Pemberi asuhan keperawatan adalah tugas perawat pelaksana (Hidayat, 2011).
Perawat pelaksana bertugas memberikan asuhan keperawatan, membantu penyembuhan, membantu memecahkan masalah pasien dibawah pengawasan dokter atau kepala ruang (Pratiwi & Utami, 2010). Model Pemikiran Kreatif dan Fungsi Pemikiran Kreatif dalam proses pembelajaran pendekatan Student Center Learning (SCL), Sumber Berfikir Kritis dan Kreatif Idea Kritis dan Kreatif dibincangkan yang meliputi asuhan keperawatan diabetes melitus, hipotiroid, asuhan keperawatan rheumatoid artritis (rematik), apendisitis, sirosis hepatis, gagal ginjal kronik, sistem perkemihan benigna prostat hiperplasia (BPH), gangguan sistem respiratory (severe acuterespiratory syndrome coronavirus 2).
Topik-topik yang dipaparkan dalam naskhah ini merupakan Bahan pengajaran Keperawatan Medikal Bedah untuk mencapai kompetensi tersebut. Kandungan naskah ini sesuai untuk sesiapa saja yang berminat untuk menekuninya terutama mahasiswa keperawaan dan kesehatan secara umum.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain