TEXT
Pembelajaran klinik kebidanan berbasis preceptor mentor
"Pendidikan klinik adalah salah satu tahap penting dalam meningkatkan kompetensi profesi bidan. Kualitas pendidikan klinik akan sangat menentukan kualitas tenaga kesehatan yang diluluskan. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pendidikan di lahan praktik adalah pembimbing lahan dan metode pembelajaran yang digunakan. Pembimbing memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan metode bimbingan yang telah diterapkan. Mahasiswa tidak bisa mencapai kompetensi yang telah ditetapkan jika proses pembimbingan tidak tepat. Ada banyak metode bimbingan klinik yang bisa diterapkan. Pemilihan metode bimbingan yang tepat menjadi komponen yang sangat penting dalam menciptakan pendidikan klinik yang baik. Tidak hanya metode bimbingan namun sistem evaluasi/penilaian harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengukur kompetensi mahasiswa.
Buku Pembelajaran Klinik Kebidanan Berbasis Preceptor Mentor ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan khususnya bidan sehingga mampu menjadi bidan yang berkualitas khususnya untuk lahan praktik kebidanan. Dengan menguasai teknik dasar pembimbingan dan penilaian serta mampu menerapkan berbagi metode pembimbingan dan penilaian dalam pendidikan klinik yang tepat maka dapat meningkatkan kualitas pendidikan klinik sehingga meningkatkan kualitas lulusan bidan. Buku ini disusun mengingat pentingnya pendidikan klinik maka setiap institusi pendidikan harus menyediakan proses pembimbingan klinik yang tepat. Materi pembahasan : - Kepemimpinan dan Pengaruh Dalam Berperilaku - Konsep Pembelajaran Klinik - Preceptor vs Mentor - Teori dan Tahapan Pelaksanaan BED Side Teaching (BST) - Metode Bimbingan Klinik Bangsal dan Poliklinik - Tahapan Pelaksanaan Cased-Based discussion (CBD) - Metode Bimbingan One Minute Preceptor (OMP) - Konsep dan Bimbingan Refleksi Kasus - Konsep Bimbingan Tutorial Klinik - Macam-macam Metode Evaluasi Pembelajaran Klinik - Tata Laksana Audit Maternal Perinatal/Neonatal (AMP/N) - Case Report dan Case Study"
02820.1 | 618.2 FIT p c.1 | Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang | Tersedia |
02820.2 | 618.2 FIT p c.2 | Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang | Tersedia |
02820.3 | 618.2 FIT p c.3 | Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang | Tersedia |
02820.4 | 618.2 FIT p c.4 | Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain